Awal Mula Munculnya Teori Tingkatan Generasi Manusia

Akhir-akhir ini pembahasan mengenai tingkatan generasi semakin ramai menjadi bahan perbincangan, fokus diskusi, celotehan dan candaan dan kajian teori sampai analisis pengaruhnya terhadap berbagai kegiatan bisnis. sebenarnya apa yang menjadi daya tarik tingkatan generasi ini untuk menjadi pembahasan yang meluas, sehingga berbagai lapisan masyarakat seperti terpengaruh oleh konsep tingkatan generasi?. indonesiancolor mencoba untuk berbagi informasi mengenai hal ini, dari berbagai sumber dan hasil analisa sederhana seperti apa tingkatan generasi ini.

Awal Mula Munculnya Teori Tingkatan Generasi Manusia

Konsep pembentukan tingkatan generasi pada awalnya diperkenalkan oleh seorang sosiolog yang bernama Mannheim dalam sebuah esai yang diberi judul "The Problem of Generation" yang menurutnya manusia yang ada di dunia ini akan saling mempengaruhi dan membentuk karakter yang sama karena melewati masa sosio sejarah yang sama. 

Dalam wikipedia, menurut teori ilmu sosiologi, para pakar sosiolog membagi generasi manusia modern dalam beberapa era generasi yaitu:
  1. Generasi Perang
    Berkecamuknya suatu peperangan tentunya akan menciptakan suatu kondisi sosial tertentu. seseorang yang dilahirkan pada masa peperangan inilah yang kemudian disebut dengan Generasi Perang. pada masa peperangan ini muncul tiga generasi.
    baca juga: Pembahasan Lengkap Generasi Perang.

  2. Generasi Perang Klasik
    Generasi ini adalah generasi yang dilahirkan pada tahun 1648 sampai dengan 1860 Masehi. perang klasik adalah perang yang sangat ditentukan oleh jumlah prajurit perang, persenjataan dan peralatan perangnya. Perang ini dilakukan dengan cara frontal yakni langsung berhadapan antara dua pihak yang berperang.
  3. Generasi perang Dunia I
    Seseorang yang dilahirkan pada tahun 1860 sampai dengan tahun 1918 disebut juga dengan Generasi Perang Dunia I. ciri umum dari generasi perang ini adalah generasi yang menerapkan konsep dengan daya tembak yang terkendali secara terpusat, terperinci dan teratur bagi infantri, tank dan artileri yang menekankan pentingnya peran komandan dalam pertempuran.
  4. Generasi Perang Dunia II
    Generasi ini dilahirkan dari tahun 1939 sampai dengan tahun 1945. generasi ini mulai menerapkan konsep perang dengan mengutamakan kecepatan, spontanitas, kekuatan mental serta fisik prajuritnya. dalam strategi ini, kedisiplinan prajurit dalam bertempur akan menentukan hasil yang dicapai dan bukan menentukan cara bertempur.
  5. Generasi Pasca perang Dunia II
    Inilah Generasi Perang yang terakhir, yaitu orang yang dilahirkan setelah terjadinya perang dunia ke II. sejak munculnya Teori Generasi, mulai mengenal beberapa istilah baru mengenai karakter dari berbagai generasi.

    setelah kemunculan teori generasi (generation theory) maka pembahasan terkait generasi-generasi berikutnya adalah sebagai berikut:
  6. Generasi Era Depresi
    keadaan pada masa peperangan sudah tentu akan menyisakan suatu kondisi mental yang berbeda dengan kondisi normal pada umumnya, generasi Era Depresi dapat didefinisikan sebagai generasi yang terlahir sebelum dan sesudah berkecamuknya Perang Dunia II. atau dapat juga disebut dengan era 70-an, yakni masa dimana pada masa tersebut merupakan era kekalahan semangat ketika generasi Baby Boomers belum dapat menemukan jati diri mereka sendiri akibat dari peperangan yang terjadi.
  7. Generasi Baby BoomerGenerasi Baby Boomer dilahirkan pada rentang tahun 1946 sampai dengan tahun 1960. Generasi ini lahir akibat tingginya angka kelahiran Pasca Perang Dunia II. Generasi ini merupakan Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri. Generasi ini juga yang diklaim akan menggebrak dunia karena memiliki kemapanan dalam hal ekonomi hingga kesehatan serta gaya hidup pada usia produktif.

  8.  Generasi X
    Generasi ini lahir pada rentang tahun 1961 - 1980, yaitu pada masa bergejolak transisi global seperti era perang dingin dan perang Vietnam. pada generasi inilah mulai digunakan Personal Computer (PC), Games, TV kabel dan internet. Jane deverson menyatakan bahwa pada generasi ini memiliki tingkah laku yang negatif seperti tidak menghormati orang tua.

  9.  Generasi Y
    Pada generasi inilah admin dilahirkan sebutan Generasi Millenial mulai muncul yang sudah semakin mengenal teknologi seperti komputer, games sampai Smartphone.
  10. Generasi Z
    Generasi ini merupakan generasi peralihan dari generasi Y, pada generasi ini teknologi semakin berkembang. generasi ini disebut juga igeneration atau generasi internet, secara umum ada beberapa ciri yang sama dengan yang dimiliki oleh Generasi sebelumnya yaitu Generasi Y.  Generasi Z juga dikatakan sebagai Generasi Centennial. New Tork Times mengungkapkan bahwa generasi ini merujuk kepada orang yang lahir pada 1990an - 2000an. namun terdapat sumber lain yang mengatakan bahwa generasi ini dilahirkan pada 1995-2009. Meskipun kedua generasi tersebut hidup dalam lingkup yang sama, akan tetapi kedua generasi ini memliki perbedaan yang sangat jelas. Generasi Z tumbuh dengan dengan pengetahuan bahwa mereka dapt berkomunikasi dengan siapa saja diseluruh dunia, dalam waktu singkat dengan menggunakan media sosial. demikian menurut artikel yang diterbitkan oleh situs Oxford Royale Academy.

    Karakter Centennial
    Karakter Generasi Centennial cenderung bermimpi dan berobsesi menjadi seorang wirausahawan dan membangun sebuah bisnis mereka sendiri. Meskipun disadari hal tersebut tidaklah mudah namun mereka tetap menjalaninya dan menghadapinya dengan optimis dan tetap realistis dengan modal kepiawaian mereka dalam memanfaatkan internet dan perkembangan teknologi.

    Baca Juga: Karakter dan Ciri Khas Generasi Z
Awal Mula Munculnya Teori Tingkatan Generasi Manusia Awal Mula Munculnya Teori Tingkatan Generasi Manusia Reviewed by Kang yuyu on March 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.