Manfaat dan Keuntungan Belajar Silat

Kali ini kang yuyu mencoba berbagi hal yang agak unik dan tidak biasa, dari judul postingannya sudah terdengar sedikit agar gahar, tapi sebenarnya tidak. 

Belajar Silat khususnya, banyak sekali orang yang memandang penting tidak penting karena zaman sekarang lebih prioritas bagaimana seseorang dapat sukses dan memiliki jabatan serta penghasilan yang besar, artinya uang lebih penting dari apapun, tidak salah juga.

nah bagaimana kasusnya dengan belajar pencak silat? yang tentu akan menyita waktu istirahat anda, harus mengeluarkan tenaga bahkan biaya, harus rela dengan strugle-strugle khas pencak silat, belum lagi besok nya harus berangkat ke kantor sementara badan masih pegal-pegal sisa latihan. oke semua itu memang benar.

dibalik semua hal yang disampaikan diatas ada beberapa hal yang setidaknya pantas untuk jadi bahan pertimbangan serta mengetahui manfaat belajar silat
ada beberapa hal yang bisa diambil manfaatnya antara lain:

Percaya diri
memang belajar silat tidak menjamin seseorang menjadi hebat dalam masalah pertarungan atau selalu menang ketika bertarung, tapi dengan terbiasa dengan strugle (keras latihan) seorang pesilat terdidik dengan situasi yang memungkinkan diri disakiti atau diserang, selain itu seorang pesilat juga tidak akan panik ketika berhadapan dengan musuh karena sudah terlatih dengan kondisi pertarungan. akan tetapi hal yang paling jadi pertimbangan adalah kepercayaan diri seorang pesilat, hal ini berpengaruh terhadap psikologisnya yang dididik untuk menghadapi segala situasi

Kesehatan Tubuh
tujuan silat tidak serta merta mengacu kepada hal-hal yang berbau pertarungan, perkelahian dan kekerasan. silat memiliki manfaat yg jaug lebih berguna dari sekedar memenangkan sebuah pertarungan, yakni badan menjadi sehat dan kuat karena dibiasakan dengan gerakan-gerakan yang tersistematis dan menyehatkan.

Disiplin
manfaat ini juga tidak kalah pentingnya bagi seorang pesilat. seorang pesilat sejati tentu akan menanamkan kedisiplinan didalam dirinya, latihan kedisiplinan tersebut dapat dilihat ketika berlatih, tidak jarang seorang pesilat harus disiplin dengan gerakan yang monoton sampai bertahun-tahun, belum lagi jika terdapat pelanggaran atau kesalahan harus menerima sanksi perguruan.

Sabar
sudah tentu seorang pesilat harus berlatih memupuk kesabaran, tidak cepat ambil keputusan. dapat dibayangkan seorang pesilat baru harus belajar satu jurus sampai bisa selama berbulan-bulan, padahal jelas sekali hal itu sangat menjemukan dan membosankan.

Melatih Refleks
hal yang paling menonjol dalam mempelajari silat adalah terlatihnya reflek seseorang, hal ini bukan hanya ditujukan pada saat atau kondisi bertarung atau sedang berlatih, reflek ini juga bermanfaat pada kondisi-kondisi umum seperti dijalanan, ketika hendak terjatuh atau ada respon mendadak yang mendekat dan mungkin bisa mencelakai.


Prestasi
inilah salah satu manfaat yang sangat menjadi pertimbangan seorang calon pesilat baru maupun pesilat yg memang sudah lebih lama berlatih. meraih sebuah prestasi khususnya didunia olahraga tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri kepada seorang pesilat, apalagi dapat meraih prestasi sampai ke pertandingan yang berskala internasional dan membawa nama besar negeri kita.

Melestarikan Budaya
Silat merupakan budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan, dengan belajar silat maka kita akan menjadi bagian dari pelestari budaya Indonesia. jangan pernah berpikir biarkan orang lain yang melestarikannya tapi mulailah kontribusi positif dari diri sendiri untuk ambil bagian dalam pelestarian budaya, dengan kata lain kalo bukan kita siapa lagi

dengan demikian patutlah menjadi bahan pertimbangan apa sih keuntungan dan manfaat dari belajar silat.
semoga tulisan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang berminat atau sudah menjadi seorang pesilat
Manfaat dan Keuntungan Belajar Silat Manfaat dan Keuntungan Belajar Silat Reviewed by Kang yuyu on March 07, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. bagus euy... kujungan balik ya ke https://indonesiancolor.com

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.