Peluang Usaha Kecil menjelang Lebaran

Assalamu'alaikum....
sahabat bang yuyu yang tercinta.. masih ingat ga lirik lagu "lebaran sebentar lagi.... dst...." pasti tau kan?? sahabat abang mana mungkin ga tau... tapi saat ini abang bukan mau mempermasalahkan lagu itu abang cuma mau sedikit berbagi dengan sahabat abang yang kebetulan mampir disini... apa yang mau abang bagikan kali ini? sesuai dengan judulnya abang mau berbagi salah satu tips melakukan kegiatan usaha menjelang lebaran, waaahhh... boleh tu bang kata teman abang kemarin.
Lebaran memang tidak lama lagi akan segera tiba, setiap orang muslim tentu tau dan sangat faham bagaimana keadaannya kalo udah datang lebaran, makanan banyak, baju baru banya dan semacemnya.. terus apa hubungannya bang dengan judul bang?, sebentar ya, abang teguk kopi dulu takut keburu dingin
berikut ini abang bagikan tips dan trik membuka kegiatan usaha baru menjelang lebaran, diantaranya:

1. Jual Kue lebaran
"ah itu mah sudah banyak bang!"mungkin sahabat abang akan langsung berkomentar seperti itu, tapi tenang dulu, kita simak dulu teknisnya, heheheh.... sok tau ah si abang.
harga kue dari produsen saat ini dijual sekitar Rp. 9-10 ribu (dari produsen) per toples, nah sementara itu harga pasaran 2 minggu menjelang lebaran menurut data empiris tahun lalu sekitar Rp 17-18 ribu per toples dengan kata lain keuntungan yang akan kita dapat adalah Rp. 7000 per toples kalo berhasil menjual sebanyak 10 toples saja maka hasilnya akan sebesar Rp. 70.000, lumayan buat beli kaos lebaran.. hehehe. iya si bang tapi kan ada resikonya?? betul tenang dulu abang belum selesai...
Resiko yang kemungkinan timbul adalah sebagai berikut:
  • Bagaimana dengan barang yang kemudian tidak terjual?, Solusinya adalah: pertama mencermati kebutuhan pasar terlebih dahulu, jangan sampai kita menumpuk barang berlebihan dengan harapan untuk mencari keuntungan yang besar, dari sekarang sampai 10 hari menjelang lebaran kita bisa jadikan bahan analisa untuk mencermati kebutuhan pasar dan juga pesaing kita dalam berjualan produk yang sama.
  • Bagaimana melakukan pemasaran? Solusi: mulai sekarang kita menjalin link keberbagai kenalan kita, teman dan sahabat atau keluarga dekat kita dan memberikan informasi kalau kita akan membuka kegiatan usaha tersebut, hal ini dimaksudkan agar calon pelanggan mengetahui lebih dulu kemana mereka akan membeli kebutuhan lebaran mereka, hal ini juga agar jangkauan pemasaran kita berkembang dan meluas.
  • Kira-kira barang apa ya bang? Solusinya: barang dagangan dalam hal ini adalah yang bersifat instan dengan penjualan instan (tergantung moment), bukan tidak boleh meneruskan kegiatan usaha ini, akan tetapi setelah lewat lebaran kebutuhan pasar akan berkurang drastis (data tahun lalu) bahkan tidak sedikit penjual yang sama kalang kabut karena barang dagangannya menumpuk sampai harus diobral. hal itu berpengaruh terhadap penghasilan laba kita dalam berdagang.
  • kalo ia, saya harus memulai bagaimana bang? Solusinya: kumpulkan data terkait produsen dan para penjual kue grosiran, mumpung belum banyak yang turut berkecimpung didunia yang akan kita jalani, cari tahu harga pembelian termasuk menganalisa berapa kemungkinan barang tersebut akan dijual. dalam hal ini posisikan kita sebagai pembeli, yaitu melihat ketertarikan kepada barang yang akan kita display (pajang), perbanyak jaringan agar pemasaran meluas.
secara garis besar adalah seperti itu, akan tetapi disamping itu banyak juga hal yang harus diperhatikan:
  • Komitmen kita, waktu kita, jangan sampai setengah-setengah yang akibatnya akan merugikan kita sendiri
  • kesungguhan kita dalam mencari barang dagangan termasuk dalam melakukan penjualan.
  • jangan berharap keuntungan yang besar dulu, cobalah bersaing harga dengan pesaing agar penjualan barang kita stabil, tapi jangan terlalu membanting harga itu akan berakibat buruk pada psikologis pesaing kita hingga akhirnya berpikir negatif, hal ini harus tetap dijaga untuk menjaga keseimbangan.
data yang abang dapat tahun lalu , teman abang juga melakukan hal yang sama dari dua minggu sebelum lebaran sampai tiba datangnya lebaran SHU (sisa hasil usaha) yang didapat sampai Rp. 8.000.000,- (tergantung komitmen kita dalam melakukannya).
cuma itu point satu yang dapat abang sampaikan, untuk peluang usah berikutnya akan abang posting kemudian... kalo ada kekurangan mohon maklumnya ini hanya sekedar sharing (berbagi).
jika sahabat abang membutuhkan info secara detail dapat kirim email ke: kangyuyu1@gmail.com
Peluang Usaha Kecil menjelang Lebaran Peluang Usaha Kecil menjelang Lebaran Reviewed by Kang yuyu on July 29, 2012 Rating: 5

No comments:

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.