Memahami Konsep Dasar Digital Marketing

Masih menggunakan strategi pemasaran klasik? Bukankah sudah jamannya migrasi ke digital marketing? Lalu... apakah yang dimaksud strategi pemasaran klasik dan apakah pula yang dimaksud dengan konsep digital marketing? Apa bedanya dan mana yang lebih tepat untuk dilakukan pada saat sekerang ?.

Intermezo diatas merupakan pembuka pembahasan kita pada kali ini sekaligus menjadi tolak ukuran dan gambaran sederhana dari penerapan konsep digital marketing pada tren pemasaran saat ini.

PENGERTIAN DIGITAL MARKETING

Digital Marketing dapat diartikan sebagai suatu usaha, seni ataupun cara melakukan pemasaran sebuah brand produk melalui sarana digital. Tujuan digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen atau target pasar secara cepat dan tepat waktu.

Elemen dan komponen Digital Marketing

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap konsep digital marketing sebelumnya harus difahami dulu apa saja elemen dan komponen-komponen pendukung untuk menerapkan konsep pemasaran secara digital tersebut. Berikut ini beberapa komponen pendukung digital marketing:

1. Website
Keberadaan sebuah website khususnya bagi sebuah perusahaan pada saat ini masih sangat diperlukan. Selain menjadi identitas dan sarana untuk memperkenalkan sebuah produk perusahaan peran website juga memiliki fungsi yang sangat berguna jika dimaksimalkan baik secara fungsi dan manfaatnya.

Baca: Cara mengoptimalkan fungsi website

2. Sosial Media
Sosial media saat ini sudah menjadi tren yang luar biasa. Media ini merambah ke berbagi kalangan masyarakat baik mahasiswa, pelajar, pebisnis, tukang bakso, ojek dan taksi online dan banyak lagi. Sosial media juga memiliki peran yang sangat penting khususnya sebagai alat interaksi langsung antara marketer dengan calon customer. Terlebih pada generasi milenial yang sedang berkembang, tren media sosial telah menjadi suatu kebutuhan pokok yang tidak dapat ditinggalkan, bahkan dapat meliputi setiap aspek kehidupannya. Seiring dengan perkembangan tersebut tidak sedikit yang kemudian mengarahkan sosial media sebagai alat pemasaran digital

3. Online Advertising
Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan dengan melakukan promosi melalui digital marketing ini. Dengan strategi yang satu ini produk kita akan semakin dikenal keluar, khususnya apabila website kita, sosial media kita kurang dikenal oleh masyarakat luas.

Beberapa contoh pemanfaatan online advertising antara lain: beriklan di google, menampilkan iklan di website atau blog yang sudah memiliki trafic kunjungan yang sudah lumayan tinggi, penggunaan google adwords dan lain sebagainya.

4. Direct E-mail Marketing
Fungsi email yang sebelumnya hanya sebagai media perpesanan (messaging) sudah tidak lagi. Lebih dari itu, dengan memiliki banyak data email juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana pemasaran dan promosi suatu produk. Misalnya, anda memiliki 300 alamat email, kemudian anda dapat mengirimkan spesifikasi produk yang anda miliki melalui email tersebut.

Memahami Konsep Dasar Digital Marketing Memahami Konsep Dasar Digital Marketing Reviewed by Kang yuyu on October 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.