Manajemen Konflik pada Perusahaan

Pernah dengar kata Konflik...? mendengar kata tersebut tentu hal itu akan menjadi sebuah konsentrasi penting buat pemimpin atau manajemen sebuah perusahaan maupun organisasi. 

Karena kalo sudah terjadi yang namanya konflik apapun bentuknya maka itu berarti sedang terjadi sesuatu dalam tubuh perusahaan atau organisasi. jadi udah ga bisa diem-diem dan cuek bebek ya..

Lalu bagaimana sikap yang harus diambil dalam menyelesaikan atau bahkan memanfaatkan konflik tersebut sehingga akan menjadi sebuah nilai positif bagi perusahaan. gw mencoba berbagi dengan pembaca sekalian dari manapun asalnya seputar manajemen konflik pada perusahaan atau organisasi.
Manajemen konflik memberi pengaruh yang cukup penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi, hal ini yangg kemudian bakal menuntut pemimpin organisasi harus menentukan sikap dan harus mengelola konflik tersebut dengan benar. Karena pada organisasi apapun konflik pasti akan terjadi dan hal itu tidak dapat dihindari. Jadi sebisa apapun atau sebagus apapun sebuah sistem perusahaan maupun organisasi gw yakin ga bakal bisa mencegah terjadinya konflik hadir dalam perusahaan atau organisasinya.. begitu...

Apa sih Manajemen Konflik itu?

Manajemen konflik merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi.

Manajemen konflik adalah suatu aksi atau reaksi dari pihak pelaku konflik maupun pihak ketiga secara rasional dan seimbang, dalam rangka pengendalian situasi dan kondisi perselisihan yang terjadi pada beberapa pihak.

Menurut Ross (1993) bahwa manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam rangka mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan suatu akhir berupa penyelesaian konflik dan mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, atau bahkan agresif. Begitu kalo menurut dari bahasa orang-orang kantor sono.

Perlu diketahui bahwa dalam suatu organisasi konflik sendiri dapat di bedakan menjadi 3 bagian. lah ko jadi banyak?, ya dong kan mesti ketauan dari mana-mana sumber sebuah konflik itu hadir. lets gor kita lanjutkan.

3 jenis konflik dalam perusahaan atau organisasi

1. Berdasarkan pihak yang terlibat dalam konflik

- konflik satu individu dengan individu lain (konflik antar individu)
Jenis konflik ini biasa terjadi dalam perusahaan, konflik antara pimpinan dengan pimpinan lain atau karyawan satu dengan karyawan yang lain. Konflik antar individu pimpinan biasa terjadi dalam perusahaan. Konflik ini bisa dikatakan konflik one by one alias satu lawan satu. kaya permainan tinju kurang lebihnya.

- konflik kelompok dengan kelompok (antar kelompok)

jenis konflik yang kedua lumayan rada ribet karena melibatkan dua kelompok yang berbeda. yang namanya kelompok sudah pasti orangnya lebih dari dua orang dari masing-masing kelompok. kalo bahasa gw ini jenis konflik tawuran

- konflik individu dengan kelompok
2. Konflik fungsional
3. Konflik Infungsional
Manajemen Konflik pada Perusahaan Manajemen Konflik pada Perusahaan Reviewed by Kang yuyu on November 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.