Pentingnya Manajemen Infrastruktur TI pada Perusahaan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manajemen infrastruktur TI pada suatu perusahaan, perlu diketahui terlebih dahulu secara mendasar apakah yang dimaksud dengan infrastruktur TI itu sendiri.
--
Baca: Pembahasan Mendasar Infrastruktur TI
---
Manajemen infrastruktur TI secara umum memiliki fungsi dan tujuan yaitu mencapai efektifitas dari keseluruhan proses IT baik ditinjau dari kegunaan, kebijakan, sumber daya manusia, perangkat baik hardware maupun software, keamanan dan segala elemen pendukung operasional yang melibatkan kebutuhan serta peran teknologi informasi.
--
Baca : element-elemen penting pada infrastruktur TI
--
Beberapa aspek yang menjadi pertimbangan sebagai alasan mengapa manajemen infrastruktur TI menjadi penting antara lain:

1. Make Smarter IT Decision

Hal ini terkait dengan bagaimana kinerja lingkungan TI di perusahaan, apakah setiap individu sudah memaksimalkan fungsi keberadaan serta dukungan TI dalam kegiatan operasionalnya? Apakah kesadaran pentingnya memanfaatkan perangkat TI sudah menjadi suatu keharusan, sejauh mana aspek TI berperan dalam meningkatkan dan mendukung kinerja?. Dengan demikian maka akan memudahkan pengambilan keputusan untuk pengambilan kebijakan serta dapat mengurangi tingkat resiko yang mungkin terjadi.

2. Limit Disaster

Seperti apapun persiapan yang sudah dibuat masalah tetap akan datang, meskipun segala macam cara pencegahan sudah di tetapkan. Dengan adanya penerapan manajemen infrastruktur TI yang benar maka tingkat masalah yang datang tersebut akan dapat diantisipasi dan kerusakan yang ditimbulkan dari akibat masalah tersebut dapat dikurangi.

3. Improve User Experience

Dengan memahami keadaan serta kondisi infrastruktur TI di lingkungan anda tentunya akan memberi sebuah pelajaran berharga bagi seorang manajer TI, dari sekian banyak masalah yang dihadapi akan memberikan sebuah solusi apabila di kemudian hari terjadi masalah dan kejadian yang serupa. Disisi lain dapat mempersiapkan segala keadaan yang mungkin terjadi.

4. Keep Productivity Flowing

Apabila terjadi kehilangan atau kerusakan data, anda dapat mengembalikannya jika sudah membuat keputusan yang tepat dari perspektif manajemen infrastruktur TI. Dengan membangun cadangan pada infrastruktur TI anda, sehingga dengan mudah dapat memberikan solusi atas masalah tersebut dengan mengambil dan mengembalikan data-data perusahaan sehingga pengguna akhir (end user) dapat mempertahankan akses informasi yang dibutuhkan serta bekerja tanpa gangguan.

5. Reduce Cost

Dari masalah yang terjadi serta kerusakan yang ditimbulkan tentu akan mengeluarkan biaya untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi serta keadaan seperti semula (sebelum terjadi masalah). Dengan manajemen dan tata kelola TI yang benar maka biaya yang dikeluarkan akan dapat di prediksi bahkan dipersiapkan. Dengan berhasilnya manajemen infrastruktur TI pada perusahaan secara otomatis akan dapat mengendalikan biaya atau mengurangi biaya yang akan dikeluarkan untuk mengatasi masalah tersebut.
Pentingnya Manajemen Infrastruktur TI pada Perusahaan Pentingnya Manajemen Infrastruktur TI pada Perusahaan Reviewed by Kang yuyu on October 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Terima Kasih Telah memberikan komentar dengan baik!!
Dimohon untuk menampilkan sumber artikel jika anda hendak mengkopi artikel dari blog ini. terima kasih

Powered by Blogger.